Bahaya Menempel Cutting Sticker di Lampu Motor

Sticker

Pada masa kini, sesuatu yang unik sering kali menjadi pembeda yang disukai oleh banyak orang. Salah satunya seperti para pengendara sepeda motor yang bisa memberi sentuhan berbeda pada kendaraannya.

Pembeda ini bisa juga dilakukan dengan memberikan cutting sticker di lampu motor. Hal ini pun sudah dilakukan oleh beberapa pengendara sepeda motor dan bisa kita temukan di banyak tempat.

 

Alasan Menggunakan Cutting Sticker di Lampu Motor

Sebagian orang ingin memberi sentuhan yang berbeda dan keren dengan memberi cutting sticker di lampu motor. Fenomena ini cukup sering terjadi, terlebih di kalangan anak muda. Alasan seperti ini yang menjadikan mereka bisa menunjukkan sisi beda dengan para pengendara motor lain, sehingga akan ada sejumlah efek tertentu yang tampak.

Penggunaan cutting sticker di lampu motor ini memang sering dilakukan oleh anak muda. Akan tetapi, juga ada sejumlah orang dewasa yang melakukannya. Terlebih, untuk mereka yang menyukai modifikasi kendaraan bermotor seperti sepeda motor. Oleh karena itu, tak heran jika pada masa kini kejadian serupa cukup sering kita temukan di masyarakat.

 

Bahaya Menempel Cutting Sticker di Lampu Motor

Sebagian orang berpendapat bahwa menempel cutting sticker di lampu motor adalah salah satu hal yang akan memberi kesan keren dan berbeda. Akan tetapi, sebenarnya hal ini justru berbahaya. Memang belum banyak orang yang mengetahui tentang hal ini. Akan tetapi, informasi ini sangat penting untuk Anda ketahui agar tak memberi dampak berbahaya.

Sebenarnya, penggunaan cutting sticker di lampu motor berbahaya untuk reflektor yang ada di bagian dalam mika. Hal tersebut dikarenakan pancaran cahaya lampu tak bisa keluar secara sempurna, karena ditutupi oleh cutting sticker.

Bahaya ini akan membuat panas dari dalam reflektor di dalam mika tertahan dan dapat membuat reflektor itu sendiri cepat rusak, bahkan juga bisa meleleh. Menurut Service Advidor Yamaha Amei Jaya Motor Depok, Cahyadi, hal ini berbahaya. Panas dari bohlam tak keluar secara maksimal karena tertutup oleh cutting sticker.

Ia pun menambahkan bahwa memang tak direkomendasikan untuk mengaplikasikan cutting sticker di lampu motor, baik untuk sebagian atau bahkan keseluruhan mika lampu. Hal ini pun berlaku untuk sticker transparan.

Sebagai informasi tambahan, selain disebabkan oleh tertutup sticker, reflektor lampu juga dapat meleleh karena tak memakai bohlam dengan spek standar atau bohlam dengan watt yang lebih besar. Penggunaan jas hujan model ponco yang bisa menutup headlamp pun bisa membuat panas lampu terhambat di dalam ruang, sehingga membuat reflektor meleleh.

Itulah informasi tentang bahaya menempelkan cutting sticker di lampu motor. Setelah mengetahui informasi ini, setidaknya Anda bisa menghindari menempelkan cutting sticker di bagian lampu motor agar tak mendapat efek berbahaya seperti di atas. Hal ini pun berlaku untuk sticker biasa yang memberi efek serupa.