Lebih Bagus Mana, Cutting Sticker VS Printing Sticker

Sticker                Cutting sticker vs printing sticker – Nama cutting sticker mungkin sudah tidak asing di telinga, sebagai mesin untuk menunjukkan komunitas, brand, atau ditempelkan kepada benda untuk mempermudah saat mencarinya.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, pembuatan sticker ada 2 cara yaitu cutting sticker vs printing sticker. Bagi Anda yang belum mengerti mengenai kedua teknologi tersebut maka berikut penjelasannya.

 

Cutting Sticker vs Printing Sticker

Printing Sticker adalah sticker yang dihasilkan dari proses printing seperti saat mencetak dokumen atau kertas biasa. Cutting Sticker adalah sticker yang dihasilkan dengan cara di potong, bahan sticker di potong dengan mesin sesuai desain  dan computer sebagai media untuk mendesain bentuk dari sticker.

 

Perbedaan Cutting Sticker vs Printing Sticker

Apa perbedaan antara cutting sticker vs printing sticker? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Biaya pembuatan

Biaya pembuatan printing sticker terbilang lebih murah bila di banding dengan cutting sticker, sebab proses pembuatannya terbilang sangat mudah yaitu hanya menunggu printer selesai ngeprint.

Sementara proses cutting sticker terbilang cukup rumit, sebab ada beberapa pekerjaan harus dilakukan secara manual dengan membutuhkan ketelatenan dan kejelian. Jadi wajar saja bila biaya pembuatannya lebih besar di banding printing sticker.

  1. Pemilihan desain

Semua desain bisa di buat dengan menggunakan printing sticker, bahkan semakin besar formatnya akan semakin baik hasil printnya. Mesin printing sticker ini dapat dikatakan sebagai mesin outdoor atau plotter.

Sementara pada mesin cutting sticker hanya bisa desain dengan bentuk vector saja atau berupa garis dan hanya bisa digunakan untuk memotong kertas sticker. Oleh karena itu di beri nama cutting sticker.

  1. Pilihan warna

Pada printing sticker tidak ada masalah dalam pemilihan warna, sebab warna dan gradasi warna apa saja bisa di cetak dengan baik. Jika desain kamu terdiri dari beberapa warna, maka sebaiknya menggunakan printing sticker untuk mendapat hasil maksimal.

Bila menggunakan mesin cutting sticker hanya bisa menggunakan warna solid atau tanpa gradasi warna. Meskipun seperti itu, kita bisa mengakalinya dengan memanfaatkan program Corel Trace, namun kamu harus merapihkannya terlebih dahulu sebelum mencetaknya.

 

Kelebihan Cutting Sticker vs Printing Sticker

Mesin cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna pun tidak akan mudah pudar. Jika menggunakan sticker vinyl dengan bahan 3M SCOTCHCAL atau ORACAL memiliki ketahanan outdoor 5 tahun, sementara printing sticker akan pudar dalam waktu 1 tahun saja. hal ini dikarenakan, cutting sticker tidak menggunakan tinta dalam proses pembuatannya.

Itulah beberapa perbedaan dan kelebihan antara cutting sticker vs printing sticker, sehingga bisa menjadi dasar kamu untuk memilih mesin yang sesuai kebutuhan.